Wisata Gratisan di London

20140621-20140622_london_P1150802_DxO_1024_576

Memang sih, London itu mahal. Apalagi saat nilai kurs Rupiah melorot, membelanjakan uang buat liburan ke London serasa berat. Serasa mewah-mewahan juga. Bayangkan, Poundsterling hampir mendekati Rp 20.000,- saat ini.

Tapi London juga memberikan kemewahan gratis berupa kekayaan pengalaman yang tak bisa ditakar dengan angka-angka. Ada sejumlah atraksi dan tempat wisata keren yang diberikan London tanpa perlu membeli tiket. Dari mulai landmark, museum, galeri, taman, hingga aneka pertunjukan musik dan seni.

Dari puluhan atraksi wisata gratisan yang ada di London, tiga diantaranya adalah atraksi wajib yang sayang jika dilewatkan.

Changing of the Guard
Parade pergantian prajurit jaga Kraton Buckingham ini menjadi tontonan yang dinanti ratusan turis setiap harinya. Parade berlangsung di halaman istana Buckingham pada pukul 11.30 setiap hari kecuali saat cuaca tidak memungkinkan, terutama saat musim dingin.

Tak jauh dari istana Buckingham, mulai pukul 11.00 (pukul 10.00 jika hari Minggu) berlangsung pergantian prajurit jaga berkuda di Horse Guard Building. Kedua lokasi ini cukup berdekatan, sehingga kita bisa mulai mengikuti para dari Horse Guard Building kemudian dilanjut ke Buckingham Palace yang dipisahkan oleh taman luas St James Park. Kurang lebih 10 menit berjalan kaki cepat.

Thames River Walk
Menyusur sepanjang Sungai Thames cukup menyenangkan. Southbank (river side) Kawasan yang asyik buat jalan-jalan dengan pedestrian lebar dan banyak pemandangan menarik. Cobalah menyusur dari Wesminster Bridge (Big Ben) hingga Tower Bridge sepanjang sekitar 2 km. Kita bakal ketemu jembatan-jembatan keren dan bersejarah selain Tower Bridge yang sudah menjadi ikon London. Ada Millenium Bridge, Hungerford Bridge/Golden Jubilee Bridge, ada juga London Bridge jembatan pertama yang dibangun di atas Sungai Thames. London Bridge itu beda loh sama Tower Bridge.

Natural History Museum
Museum spektakuler ini akan membuat kita ternganga begitu memasuki ruangannya. Ada kerangka dinosaurus di tengah-tengah bangunan gaya victorian yang indah. Museum yang dibangun pada 1864 ini menyimpan lebih dari 70 juta items tentang segala rupa makhluk hidup yang ada di bumi ini. Jika berlibur bersama anak-anak, jadikan tempat ini kunjungan wajib ya.

Hyde Park dan taman-taman lainnya
London juga dikenal sebagai kota yang memiliki taman-taman luas dan cantik terawat. Lebih dari 10 taman indah yang nyaman buat jalan-jalan sambil menikmati aneka tetumbuhan dan satwa di dalamnya. Sekedar menyebut beberapa yang populer adalah Hyde Park, St Jame’s Park, Victoria Park, Kensington Garden, Greenwich Park, dan banyak lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s