Paris Metro

Image

Metro alias underground train atau subway merupakan moda transportasi publik yang paling efektif untuk menjelajah Paris. Ada 14 lines (jalur) Metro dan 2 lines tambahan yaitu lines 1-14 dan lines 3b dan 7b. Sementara itu 300 stasiun Metro (M) tersebar di seantero Paris. Bisa dibilang, tiap 500 m berjalan, akan bertemu tiang besi bertulikan METRO atau METROPOLITAN. Persis di bawah tiang tersebut terdapat anak-anak tangga menuju ke bawah (underground).

Tiket Metro

Ada beberapa jenis tiket yang bisa dibeli lewat mesin yang tersedia di tiap stasiun, yaitu tiket untuk sekali jalan (single), single day pass (berlaku untuk seharian), multi day pass (berlaku untuk beberapa hari misalnya 3 hari, 5 hari), ada juga monthly pass yang berlaku sebulan, juga year pass untuk tiket tahunan. O iya, jika pengin praktis, tiket bisa dibeli langsung di loket stasiun. Sampaikan ke petugas jenis tiket yang Anda inginkan.

Selain itu juga tersedia tiket single yang bisa dibeli paket 10 atau 20 lembar tiket sekaligus. Tiket 10 lembar (T-tens) ini harganya lebih murah daripada kita membeli single. Harga single ticket EUR 1.7 sementara jika membeli paket 10 tiket harganya EUR 13.3 (EUR 1.3 per tiket) alias hemat 20%. Tiket 10 lembar ini dapat digunakan untuk 10x single trip. Masa berlaku tiketnya juga unlimited. Jika tiket masih sisa bisa digunakan lagi kalau tahun depan berkunjung ke Paris. Atau bisa diberikan pada teman yang berencana liburan ke Paris.

Bagi anak-anak usia 6-9 tahun, juga mendapat harga khusus jika membeli tiket T-10 ini. Harganya hanya EUR 6.65 atau sekitar EUR 0.66 per tiket.

Peta Metro Paris

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s