Tips Berkomunikasi Hemat selagi di Eropa

simcard roaming

Biasanya, jika traveling ke luar negeri selama beberapa hari kita cenderung memilih menggunakan sim card lokal agar komunikasi lebih hemat. Namun, traveling ke Eropa sedikit berbeda. Selama di Eropa kita akan berpindah dari satu negara ke negara lain. Setiap negara juga memberlakukan tarif international roaming. Artinya, sim card yang kita beli di negara pertama yang disinggahi, saat dibawa pindah ke negara lain juga akan kena biaya internasional roaming.

Dengan demikian nggak ada bedanya dengan sim card dari Indonesia kan? Sama-sama bakal kena international roaming. Karena itu, mengganti sim card lokal bukanlah solusi hemat buat traveling yang berpindah-pindah negara selama di Eropa.

Cukup gunakan sim card Indonesia yang biasa kita pakai berkomunikasi. Saat ini, operator seluler Indonesia sudah memiliki jaringan kerja sama yang luas dengan operator lain di seluruh dunia.

Sebelum membawa sim card ke Eropa perlu diketahui beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan status international roaming (IR) di sim card sudah aktif. Hubungi call centre operator seluler yang Anda gunakan untuk memastikan hal ini.
  • Biaya IR tiap operator berbeda-beda tergantung kerjasama network masing-masing seluler.
  • Jaringan dan layanan kartu paska bayar (abonemen) biasanya lebih luas daripada kartu prabayar (pulsa isi ulang). Di beberapa negara, terutama kawasan Eropa Timur, tidak semua kartu prabayar bisa digunakan untuk aksesdata, kadang hanya bisa voice dan sms. Sementara kartu paska bayar (abonemen) tetap bisa digunakan untuk internetan.
  • Tarif kartu paska bayar juga relatif lebih murah daripada kartu prabayar. Misalnya  kartu XL, tarif kirim SMS Rp 5.000, jika menggunaka prabayar XL tarifnya Rp 7.500. Namun untuk memastikan biaya tarif silakan hubungi call centre operator seluler yang Anda gunakan atau kunjungi websitenya untuk mengetahui rincian biaya serta jaringan partner di Eropa.
  • Biaya terima SMS gratis untuk sebagian besar operator (TELKOMSEL, XL, Indosat).
  • Saat berada di Eropa, pilihlah network yang berpartner dengan operator seluler Anda. Jika menggunakan jaringan network di luar partner, biasanya tarifnya lebih mahal daripada partner. Misalnya di Perancis, kartu XL berpartner dengan Orange dan SFR. Selebihnya bisa dicek di website masing-masing operator.
  • Semua panggilan telpon atau SMS ke nomer Indonesia pastikan diawali dengan kode area Indonesia yaitu +62 kemudian diikuti nomer telepon tanpa awalan 0. Misalnya akan menghubungi Hp 08123456 atau 027456789 maka harus diubah menjadi +628123456 atau +6227456789.
  • Begitu juga jika akan menelpon ke nomer lokal di negara tertentu, harap diawali dengan kode area negara tersebut.

Khusus pengguna BlackBerry (BB), Android, dan Smartphones:

  • Sebelum berangkat jangan lupa NON AKTIFKAN layanan DATA ROAMING dari gadget Anda.
  • Jika Anda hanya mematikan gadget tanpa menon-aktifkan data toaming, maka pada saat gadget dinyalanan, secara otomatis akan mendonlot email dan layanan data lain seperti wasap, bbm, dll. Tentu saja pulsa jadi terkuras karena tarif layanan data di luar negeri biasanya dikenakan per kilobyte.
  • Dengan menon-aktifkan data roaming, ponsel tetap bisa dihubungi. Masih bisa SMS-an dan menelpon.
  • Akses internet, wasapan, bbm-an lewat layanan free wi-fi yang ada di hotel.
  • Hubungi call centre operator seluler yang Anda gunakan untuk memastikan tarif layanan data di Eropa. Barangkali ada paket promo dari operator Anda.

One thought on “Tips Berkomunikasi Hemat selagi di Eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s