Bagaimana cara mengurus VAT Refund?

Loket Global Blue Tax Free di Schiphol Amsterdam Airport
Loket Global Blue Tax Free di Schiphol Amsterdam Airport

Sebagai turis yang berkunjung ke Eropa, kita berhak mendapatkan pengembalian pajak turis. Bukan pajak atas hotel dan restaurant, namun atas barang-barang tertentu yang kita beli di Eropa. Setiap kita berbelanja rata-rata minimal EUR 175 dalam satu kali transaksi atas produk fashion dan jewelery, berhak untuk memproses VAT (Value Added Tax) refund sebelum kembali ke Tanah Air. Kisaran refund yang dapat kita peroleh sekitar 8%-25%. Beda-beda tiap merchant dan negara.


Agar VAT Refund bisa kita peroleh, pastikan beberapa hal berikut ini:

  • Berbelanjalah di toko yang memasang logo Global Blue Tax Free atau Premier Tax Free. Logo ini biasanya ditempel di etalase toko atau terdapat di kasir. Jika Anda tidak menemukan logo ini, ada baiknya bertanya dulu pada petugas untuk memastikan apakah belanjaan bisa diproses VAT refund-nya.
  • Bawalah selalu paspor Anda karena petugas kasir biasanya akan meminta Anda menunjukkan kartu identitas.
  • Saat akan membayar, pastikan sekali lagi pada petugas kasir bahwa Anda akan memproses VAT refund.
  • Mintalah form VAT refund setelah Anda melakukan pembayaran.
  • Kumpulkan nota-nota belanja Anda berikut form VAT Refund dari kasir, jangan sampai hilang.
  • Jika Anda berbelanja menggunakan kartu kredit, pastikan nama dalam kartu kredit sama dengan dalam paspor Anda karena akan dicocokkan pada saat proses VAT Refund.

 

Proses VAT Refund dilakukan di airport atau border saat akan keluar wilayah European Union.

  • Datanglah lebih awal ke airport agar Anda memiliki cukup waktu untuk memproses VAT Refund karena biasanya antrian cukup panjang.
  • Carilah konter Global Blue VAT Refund terlebih dahulu untuk memastikan seberapa jauh lokasinya dari kontek cek in pesawat Anda.
  • Bawalah barang-barang belanjaan Anda karena petugas biasanya akan meminta Anda memperlihatkan barang yang Anda beli. Tidak semua perlu diperlihatkan, hanya beberapa saja. Jika barang belanjaan Anda cukup banyak dan akan dimasukkan ke bagasi pesawat, sebaiknya memproses VAT Refund sebelum cek in. Namun jika Anda hanya membeli barang-barang kecil (misal jam tangan) yang tidak akan masuk bagasi, Anda bisa memproses VAT Refund setelah cek in.
  • Serahkan semua dokumen VAT Refund ke petugas custom di konter Global Blue. Siapkan pula paspor dan kartu kredit yang Anda gunakan untuk belanja. Petugas akan membubuhkan stempel pada form Anda.
  • Setelah mendapatkan stempel, segera ke konter pencairan dana refund, biasanya terletak bersisian atau tak jauh dari kontel Global Blue VAT Refund.
  • Jika Anda mendapatkan refund secara cash, biasaya kena biaya admin sekitar 4%. Jika refund ditransfer ke kartu kredit Anda, biasanya butuh waktu sekitar satu bulan atau mungkin lebih.

 

Meskipun prosedur VAT refund sudah kita lewati sesuai aturan, namun adakalanya tidak semua barang yang kita beli akan mendapatkan pengembalian pajak. Setiap negara memiliki aturan yang berbeda sehingga seringkali barang yang dibeli di negara lain sulit diproses meskipun sudah memenuhi persyaratan.

 

Catatan:

  • Swiss, Norwegia, dan Turki tidak termasuk anggota European Union, karena itu VAT Refund tidak dapat diproses di ketiga negara tersebut. Begitu pula jika Anda berbelanja di ketiga negara tersebut, VAT Refund harus diproses di negara tersebut, tidak bisa di negara EU.
  • Ada baiknya mencari informasi lebih detil mengenai Vat Refund lewat website resmi Global Blue (www.globalblue.com) dan Premier Tax Free (www.premiertaxfree.com)

One thought on “Bagaimana cara mengurus VAT Refund?

  1. Tulisan Yang Sangat Bermanfaat. Apalagi sekarang ini zaman banyak kawan-kawan Indonesia melancong ke luar negeri. Bagus kalau pajak yang dibayarkan bisa diambil kembali. Kami yang sering mengantar wisatawan Indonesia jalan-jalan di Belanda dan negara lain di Eropa sangat terbantu dengan tulisan ini. Terima Kasih, Eka Tanjung dari Serbalanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s