Mengurus Visa itu Mudah….

visa

Saya sering mendengar keluhan orang saat akan mengurus visa. Yang ribet lah, harus mondar-mandir, banyak dokumen yang harus dilampirkan, dll, dll. Pokoknya menguras energi dan emosi.

Padahal segala keribetan itu bisa disederhanakan dengan beberapa langkah mudah, yaitu:

  1. Mulailah mengurus visa jauh-jauh hari sebelumnya. Kedutaan menetapkan pengurusan visa sudah bisa diproses 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Ada waktu cukup banyak, 3 bulan sebelum trip.
  2. Bacalah dengan seksama seluruh persyaratan visa yang tertera di website kedutaan. Secara umum persyaratan dokumen Visa Schengen dan Visa Inggris sama saja kok, hanya isian formulirnya saja yang berbeda.
  3. Formulir aplikasi visa juga bisa diunduh dari website kedutaan
  4. Siapkanlah dokumen secara bertahap. Sehari satu dokumen, berarti seminggu urusan kelengkapan dokumen sudah beres.
  5. Setelah semua dokumen lengkap dan disusun rapi, mulai membuat janji dengan pihak embassy atau agen resmi visa. Pembuatan janji biasanya dilakukan secara online. Misalnya untuk Kedutaan Belanda bisa diakses lewat link berikut: https://jakarta.embassytools.com/
  6. Kita akan mendapat email berisi appointment letter sesuai jadwal yang kita pilih. Jangan lupa di-print dan dilampirkan dalam susunan dokumen.
  7. Jangan lupa hadir tepat waktu (15 menit sebelumnya) di kedutaan atau kantor agen resmi visa. Tunjukkan print out appointment letter pada petugas di bagian depan (front desk) atau security kedutaan.
  8. Sesuai dengan peraturan negara-negara kedutaan Schengen, mulai 16 November 2013, semua pelamar visa harus hadir untuk melakukan sidik jari dan foto biometrik. Jadi, mau nggak mau kita harus datang sendiri karena tidak boleh diwakilkan.
  9. Jika dokumen kita lengkap, wawancara visa akan berlangsung lancar dan menyenangkan. Percayalah, nggak seserem yang kita bayangkan sebelumnya kok.

Visa Inggris

Wilayah negara Eropa yang konon terkenal paling ribet pengurusan visanya, adalah Inggris. Sebenarnya nggak ribet-ribet amat sih. Kelengkapan dokumen yang perlu disiapkan sama dengan dokumen visa Schengen. Hanya saja, formulir aplikasi visa diisi secara online. Dan isiannya lumayan detiiilll…

Jika isian aplikasi Visa Schengen hanya 2-3 halaman, maka Visa Inggris bisa 10-13 halaman jika dicetak dalam kerta A4.

Berikut ini beberapa langkah mudah mengisi aplikasi Visa Inggris:

  1. Kunjungi website UK Visa & Immigration (UK Boarder) https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/index
  2. Kemudian lakukan registrasi akun Anda. Registrasinya mudah, cukup mengisikan data berupa nama, tanggal lahir, negara, alamat, email, dsb. Setelah memiliki akun, barulah bisa mengisi aplikasi secara lengkap.
  3. Satu akun bisa digunakan untuk mengisi beberapa aplikasi visa. Jadi lebih mudah kan, jika kita berangkat sekeluarga atau bersama sahabat, tak perlu masing-masing membuat akun.
  4. Dalam website aplikasi visa juga sudah tersedia pilihan tombol Apply for Myself dan Apply for Someone Else. Artinya, memang dibolehkan satu akun digunakan untuk menyimpan beberapa aplikasi.
  5. Daftar aplikan visa dapat dilihat dengan mengklik tombol View My Applications. Semua nama akan tertera di sana.
  6. Jika kita ingin menunda pengisian data juga boleh, cukup klik save & quit, maka data yang kita isikan akan tersimpan dan sewaktu-waktu dapat diedit.
  7. Setelah semua isian sudah lengkap dan benar, barulah klik tombol Confirm. Setelah klik Confirm, kita sudah tidak dapat mengedit isian aplikasi lagi, jadi pastikan sudahterisi dengan benar dan lengkap ya
  8. Aplikasi yang sudah dikonfirmasi dapat diunduh untuk diprint dan ditandatangani.
  9. Biaya visa dibayarkan secara online menggunakan kartu kredit.
  10. Reservasi atau membuat janji dengan agen visa Inggris (VFS) juga dilakukan secara online.
  11. Setelah pembayaran visa dan appointment beres, dokumen visa siap dibawa ke VFS sesuai tanggal dan waktu yang sudah kita pilih.
  12. Setelah itu, tinggal menunggu proses visa. Biasanya sekitar 7-21 hari kerja.

 

Nah, jika kita berencana traveling ke Paris dan London, maka kita harus mengurus dua visa sekaligus, yaitu visa Schengen dan visa Inggris. Tentu saja mengurusnya bergantian. Mengurus visa Schengen duluan, setelah selesai baru memproses visa Inggris. Jika visa schengen butuh waktu sekitar 3-7 hari dan visa Inggris hingga 21 hari, berarti proses visa sebaiknya sudah mulai diurus 3 bulan sebelum keberangkatan. Maksimal 2 bulan sebelum tanggal trip.

Semakin cepat kita mengantongi visa, semakin baik. Selain lebih tenang karena sudah pasti bisa mengunjungi Eropa, juga punya cukup waktu untuk googling, mempelajari destinasi yang ingin kita jelajahi di Eropa nantinya.

Selamat mengurus visa!
Persyaratan Umum Visa Schengen & Visa Inggris

  1. Pas foto terbaru 3.5 x 4.5, background putih, sebanyak 2 lmb
  2. Aplikasi Visa diisi lengkap dan ditandatangani
  3. Print out reservasi tiket pesawat PP
  4. Polis Asuransi
  5. Print out reservasi hotel
  6. Surat Referensi Kerja ASLI bagi yang masih pelajar harap melampirkan surat referensi dari sekolah.
  7. Slip Gaji 3 bulan terakhir
  8. Surat Referensi Bank dan Print out rekening tabungan 3 bulan terakhir
  9.  FC Kartu Keluarga
  10. FC Akte Kelahiran (khusus peserta anak yg belum memiliki KTP)
  11. FC KTP / Kartu Pelajar
  12. FC paspor yang masih berlaku dan paspor lama jika ada
  13. Paspor ASLI yang masih berlaku dan Paspor lama jika ada

6 thoughts on “Mengurus Visa itu Mudah….

  1. jika negara yg dikunjungi adalah datang pertama kali di London,Inggris lalu ke Paris dan kembali lagi ke London dan akhirnya pulang ke Indonesia

    visa UK atau visa schengen yg harus dikerjakan duluan?

    trm ksh

  2. Hai mbak. Saya mau tanya. Saya mau ke London dan pulangnya lewat Poland selama satu bulan penuh. Saya mau mengurus visa UK terlebih dahulu baru setelahnya visa Schengen Belanda karena saya ke London dulu. Lalu apakan saya juga harus mencantumkan itinerary selama di kawasan Schengen seperti bookingan hostel, transportasi dan sebagainya? Tiket pp sudah issued. Terimakasih.

    1. Reservasi hotel diperlukan untuk penguruan visa. Jika akan ke Polandian selama sebulan penuh, berarti ngurus visa schengennya lewat Poland Embassy dong. Visa schengen diproses di kedutaan di mana kita akan stay paling lama dibanding negara2 schengen lain yang dikunjungi. Jika mau proses visa lewat kedutaan Belanda berarti harus bisa menunjukkan reservasi hotel yang lebih lama di Belanda.

  3. Hi Mbak, nice info krn saya ada rencana ke Eropa, landing di London dan nyusuri Eropa. Tapi ada yang mau saya tanya, untuk urus visa UK dan Schengennya, apakah juga dibutuhkan lampiran tiket transport keluar dari Inggris? Di sini rencananya setelah London, ke Belgia.

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s