Winter Packing List

Kebanyakan baju tebal jadi nggak muat kopernya

Sebagian orang menganggap bahwa liburan selagi winter berarti harus membawa koper besar yang penuh dengan baju dan jaket tebal. Berkali-kali bongkar muat isi koper saat packing menjelang winter trip adalah hal yang lazim dialami setiap pejalan.

Bisa membawa koper enteng dan masih tersedia space yang longgar merupakan tantangan tersendiri. Dan inilah tips saya saat packing untuk perjalanan akhir tahun selama dua pekan.


  • jaket bulu angsa (down jacket) – foto:  http://www.aliexpress.com
  • Pilih jaket winter yang ringan. Jaket bulu angsa dengan lapisan luar berbahan polyester biasanya cukup ringat, nggak seberat jaket/coat berbahan wool. Selain ringan juga mudah kimpes jika disimpan dalam plastik vakum.
  • Kenakan baju hangat tiga layer. Layer pertama berupa longjohn (inner garment). Longjohn yang bagus terbuat dari bahan yang mengandung thermal, bahannya tipis tapi cukup menghangatkan. Layer kedua baju dari bahan fleece atau kasmir yang lembut dan hangat. Dua layer baju ini digunakan untuk di dalam ruangan. Bisa juga dipake jalan ke luar ruangan jika cuaca cerah.

  • Layer ketiga, untuk ke luar ruang, kenakan jaket waterproof & wind resistant untuk menahan basah dan dingin. Saat winter, cuaca di Eropa bisa tiap saat berubah. Tiba-tiba hujan, angin, dan tiba-tiba kembali cerah. Biar koper enteng, pilih jaket waterproof yang berbahan tipis namun tahan air ini bisa berfungsi sebagai raincoat. Yang paling keren sih jaket Gore-Tex karena bahannya diciptakan khusus untuk tidak tembus air. Jaket model ini biasanya tersedia di toko-toko outdoor atau perlengkapan pecinta alam.
  • Untuk menghangatkan bagian tubuh bawah, saya pilih celana legging dari bahan kaos yang elastis. Bahan kaos dan karetnya akan terasa lebih hangat daripada celana cargo atau jins

  • Foot wear berupa sepasang sepatu boots yang bagian dalamnya berlapis bulu-bulu domba yang menghangatkan kaki. Sol karet yang tebal dan anti selip sangat diperlukan karena saat winter jalanan sering licin. Untuk di dalam ruangan, kenakan sepasang sandal/slipper yang berbulu-bulu juga atau bahan wool yang hangat. Kaos kaki dari bahan wool juga nyaman dikenakan saat tidur.

  • Asesoris wajib yang dikenakan adalah sarung tangan kulit, scraf, penutup teling, dan kupluk hangat berbahan wool.
  • Last but not least…kacamata hitam..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s