Sebuah Balkon di Casa Giulietta,Verona – Italia

20130507_verona_P1110942_DxO_1024_576

Tidak sulit menemukan rumah beralamat di Via Capello, 23. Hampir semua warga Verona mengenalnya. Rumah itu dimitoskan milik keluarga Capulet yang memiliki anak gadis bernama Juliet. Di dindingnya menempel balkon yang menjadi tempat kencan secara sembunyi-sembunyi antara Juliet dan Romeo.

Kisah cinta Romeo & Juliet yang melegenda menjadikan bangunan di Via Capello 23 dibanjiri wisatawan. Saya terpana ketika tiba di depan lorong menuju Casa di Giulietta atau rumah Juliet, begitu banyak kerumunan orang. Ketika melangkah memasuki lorong, saya makin terpana melihat dinding di lorong yang dipenuhi dengan pesan cinta dari para wisatawan. Seorang anak muda bahkan nekat minta disunggi agar bisa menuliskan pesan cinta di bagian atas dinding, lalu memotretnya dengan ponsel kamera.

Di pelataran rumah Juliet yang kira-kira seukuran 6 x 5 m itu tak pernah lengang, selalu penuh pengunjung. Mereka mendongakkan kepala ke atas, kearah balkon. Kamera juga di arahkan ke balkon, untuk mengabadikan balkon romantis itu. Di atas balkon biasanya sudah ada pasangan yang pengin difoto. Dengan membayar tiket € 4, kita bisa berfoto di balkon Juliet itu.

20140508_verona_P1150499_DxO_575_102420140508_verona_P1150495_DxO_575_1024

Padahal balkon itu hanya akal-akalan yang dibuat sebagai atraksi wisata. Balkon Juliet itu baru dibangun pada tahun 1936 dan diklaim sebagai balkon Juliet. Pada saat memang tengah beredar film Romeo & Juliet yang dibintangi artis Hollywood Norma Shearer (Juliet) dan Leslie Howard (Romeo). Film itu termasuk film terbaik pada masanya.

Kesempatan emas ini segera dimanfaatkan oleh pemerintah Verona. Dibangunlah sebuah balkon di sebuah rumah tak jauh dari kawasan wisata Piazza Erbe. Trik ini dilakukan untuk menarik minat wisata mengunjungi Verona. Dengan terus menghidupkan romantisme Romeo & Juliet, industri pariwisata di Verona tak akan surut dan Verona dikenal sebagai salah satu kota romantis di Italia. (Di sejumlah tempat di Verona, saya melihat standing banner bertuliskan “MARRY ME in VERONA” dengan ilustrasi sepasang pengantin di dalam balkon Juliet!)

Selain balkon, di halaman rumah Juliet terdapat patung perunggu Juliet yang juga dimitoskan memberikan banyak keberuntungan, terutama dalam hal cinta dan asmara. Jika kita mengusap buah dada kanan Juliet, niscaya perjalanan cinta akan lebih indah. Mereka yang belum berjodoh akan segera menemukan jodohnya dan yang sedang menjalin asmara juga akan langgeng. Mitos cinta ini membuat buah dada kanan Juliet lebih licin dan halus, karena sering diusap orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s