Hemat dengan London Bus

20131228-20131230_london_P1140075_DxO_1024_575

Tahukah Anda, ada sekitar seribu bus kota yang setiap hari berseliweran di seantero London. Banyak sekali ya. Bus warna merah yang eye-catching ini memang begitu mudah dijumpai di sepanjang jalan dan sepanjang hari di London. Bus beroperasi sejak pukul 05.45 pagi hingga pukul 00.00 tengah malam. Tapi adapula beberapa jalur bus kota yang beroperasi 24 jam.

Menjelajah London dengan double decker bus ini jadi makin menyenangkan karena selain tersedia sepanjang hari, tarifnya juga relatif lebih murah daripada tarif Tube (underground). Tarif single journey hanya sekitar £1.50, sementara tarif single journey dengan Tube sekitar £4.50. Padahal, jika selama seharian kita menjelajah London dengan menggunakan bus kota saja, ongkosnya hanya £5.00 per hari. Artinya, ongkos sekali naik Tube hampir sama dengan ongkos seharian naik turun red bus!

London RTM-TICKET-MACHINE
(foto: trueform.co.uk)

Cara membeli tiket London bus juga mudah. Tiket bisa dibeli lewat Roadside Ticket Machine (RTM), yaitu mesin tiket otomatis yang biasanya terdapat di dekat halte bus di London Sentral. Ada dua pilihan harga tiket, yaitu tiket harian atau One Day Pass seharga £5.00 atau tiket single journey. Kemudian masukkan koin lalu tekan tombol hitam pada jenis tiket yang kita pilih, sesaat kemudian akan keluar kertas mungil yang harus kita tunjukkan pada Pak Sopir saat naik bus.

Cara paling praktis adalah dengan membeli Oyster Card. Kartu isi ulang ini bisa digunakan untuk naik semua jenis transportasi umum di London. Bisa buat naik bus, tram, dan tube (underground). Cara pemakaiannya juga mudah, cukup tempelkan kartu Oyster pada alat penyensor yang terdapat di pintu masuk.

IMAG2543

Kalau ternyata saat naik bus ternyata saldo Oyster Card tidak mencukupi, kita masih boleh naik. Jika saldo dalam kartu Oyster kita ternyata tidak mencukupi untuk membayar ongkos single journey sebesar £1.50, jangan kuatir, kita masih diijinkan naik bus kok. Hanya saja, setelah turun dari bus, jangan lupa mengisi saldo (top up) agar posisi saldo tidak negatif.

Oyster Card bisa dibeli di banyak tempat. Bisa lewat mesin otomatis yang ada di stasiun, lewat petugas loket stasiun, bahkan juga tersedia di minimarket. Cara top up atau isi saldo Oyster juga mudah dan praktis. Tinggal tempelin ke mesin otomatis, lalu masukin kartu kredit dan pilih nilai top up yang kita inginkan. Kartu sudah bisa dipakai lagi sepanjang masa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s