Serasa Mahasiswa: Menginap di Asrama Universitas London

Jpeg
(Seolah-olah) Mahasiswa lagi Backpacking..

Pengin mengenal kehidupan mahasiswa di London? Cobalah menginap di asrama mahasiswa. Saat liburan musim panas pada akhir Juni hingga September, banyak tersedia kamar kosong di asrama yang bisa disewa untuk group lebih dari 10 orang. Tapi jika kita traveling sendirian atau berdua, nggak perlu nunggu liburan musim panas untuk mencicip pengalaman jadi anak asrama di London. Setiap saat, sepanjang tahun, tersedia beberapa kamar kosong yang bisa disewa untuk umum.

Saya pernah menginap di asrama mahasiswa Universitas London, yaitu International Hall di Bloomsbury. International Hall adalah asrama mahasiswa terbesar dengan kapasitas 860 residen. Kebayang kan betapa gedenya bangunan asrama ini.

IMAG0104

Saat memasuki pintu utama asrama yang tersusun dari empat daun pintu kaca serta kanopi kaca, saya serasa sedang memasuki bangunan rumah sakit. Bangunan asrama ini berbentuk kotak persegi besar dengan satu pintu utama. Dan entah kenapa, yang terlintas dalam benak saya adalah pintu utama rumah sakit.

Setelah melewati pintu, saya bertemu petugas resepsionis yang berada di balik kaca. Nah lho, kok mirip sama penjaga loket apotik. Hihi…! Beda banget dengan resepsionis hotel pada umumnya. Administrasi check in pun juga manual. Petugas menyodorkan buku besar yang ada daftar nama-nama tamu yang akan check in hari itu, lalu saya diminta menandatangani di kolom dekat nama saya. Setelah itu ia menyerahkan amplop kecil dan ketika saya buka ternyata berisi magnetic card untuk akses masuk ke pintu asrama dan 1 anak kunci untuk membuka kamar.

Jpeg
single bed
Jpeg
lemari dan wastafel

Kamar yang saya pilih adalah single bed dengan kamar mandi bersama di luar kamar. Fasilitas kamar mandi dalam hanya tersedia untuk kamar double, triple, dan apartemen. Kebetulan saya termasuk orang yang nggak bermasalah dengan mandi bareng di luar kamar, toh barengan cewek-cewek juga kan. Walaupun mungkin agak repot kalau tengah malam kebelet pipis, tapi nggak masalah juga karena tersdia banyak toilet, nggak perlu antri.

Jpeg
Meja yang nyaman banget buat baca dan ngetik

Ukuran kamar single bed kira-kira 3 x 4 meter. Ada jendela lebar yang memancarkan cahaya alam dan angin segar musim panas. Fasilitas di dalam kamar single bed ini cukup komplit. Ada wastafel, almari, meja panjang dengan laci-laci penyimpanan, rak dinding di atas meja, telepon, ketel air, dan tentu saja akses internet gratis. Handuk dan toiletris juga tersedia.

Jpeg
Almari

Tarif semalam untuk single bed adalah £47 termasuk breakfast.

Ngomong-ngomong soal sarapan di asrama, sungguh sedap. Di asrama ini saya bisa sarapan full english breakfast sampai kenyang. Masih ditambah buah, jus, dan lain-lain. Memang sih, nggak bisa ambil sepuasnya karena ada petugas yang akan mengambilkan makanan yang kita pilih. Tapi pilihannya cukup lengkap, sehingga kalau dipilih semua, bisa kenyaangg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s