Nge-mall di London

20141217-20141220_london_p1170739_dxo_1024_576
Westfield Stratford City, East London

Mencari mall di London dan kota-kota lain di Eropa tidaklah semudah menemukan mall di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Pertokoan di London umumnya berupa toko-toko independent yang berderet di kawasan shopping street, seperti yang terdapat di Oxford Street, Piccadily Circus, dll. Memang sih ada beberapa dept store yang cukup besar seperti Harrods, Debenhams, Mark & Spencer, maupun Primark. Tapi, meski bangunannya relatif lebih luas dibanding toko lain, belum bisa disebut sebagai mall.

Konsep mall, baru belakangan ini mulai dibangun, dan biasanya menempati lokasi di pinggiran kota yang memang masih memiliki lahan luas. Mall yang lagi ngehits di di London, adalah Westfield, jaringan urban shopping centre terbesar yang baru beberapa tahun ini hadir. Westfield shopping mall pertama dibuka pada tahun 2008 berlokasi di Stepherd’s Bush London Barat. Tiga tahun kemudian, di musim gugur tahun 2011, Westfield dibuka di Stratford City, London Timur. Westfield Stratford City mendapat gelar sebagai one of the largest urban shopping centre in Europe. Wow..segede apakah mall ini?

Saya tergoda mengunjungi Wesfield Stratford City setelah beberapa kali melintas Stratford lewat underground. Dari balik jendela kaca tube Central Line, gedung kaca Westfield tampak berkilau. Pada malam hari, bangunan menjulang itu bermandikan cahaya, menggoda, mengajak beranjak dari Tube.

Jadilah pada suatu siang yang cerah di awal musim dingin, saya melepaskan hasrat mengunjungi Westfield. Mall ini berlokasi persis di atas stasiun Stratford. Keluar dari underground, naik tangga ke stasiun kereta, lalu menaiki tangga lagi yang berada persis di samping pintu keluar stasiun.

Sudah pasti bukan untuk berbelanja namun sekedar memenuhi rasa penasaran. Konon, mall terbesar di Eropa ini diisi sekitar 350 toko, 70 restoran, 17 bioskop, dan 3 hotel berbintang.

Terus terang saya nggak saya tuntas menjelajahi semua lantai dalam mall ini. Mall ini luar biasa luasnya. Rasanya kaki saya udah pegel duluan. Mana nggak beli apapun. Dasar!

20141217-20141220_london_p1170740_dxo_1024_575
Stratford Centre, dipotret dari Westfield Mall

Beberapa bulan kemudian, di musim semi bulan Mei, saat kembali ke London saya sengaja mencari akomodasi di sekitar stasiun Stratford. Selain karena akses transportasinya mudah, penginnya juga bisa menuntaskan hasrat penasaran menjelajah mall terbesar di Eropa itu. Tapi, meski menginap 3 malam di sana, dan dalam sehari setidaknya dua kali melintas di depan Wesfield, ternyata malah sama sekali nggak sempet mampir ngemall. Haha..!

Saya malah lebih menikmati Stratford Centre, pusat pertokoan lokal yang terletak persis di seberang Westfield. Kebetulan pula, hotel yang saya inapi, Ibis Stratford, berada di belakang shopping centre ini. Jadi, begitu keluar dari stasiun, langsung menyeberang jalan memasuki Stratford Centre dari pintu depan, lalu keluar di pintu belakang menuju Hotel Ibis.

Strartford Centre berisi supermarket dan toko-toko yang menjual perlengkapan fashion, sport, dan kebutuhan harian. Bukan mall tempat hang-out seperti di Westfield.

20141217-20141220_london_p1170730_dxo_1024_576
Pertokoan di Stratford Centre

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s